creators_name: Lasimin , Nanik Susanti Pravitasari type: other datestamp: 2014-02-12 04:25:03 lastmod: 2014-02-12 04:25:03 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran pro- blem solving disertai media animasi pada materi larutan non-eletrolit dan elektrolit da- lam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Popu- lasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013. Dengan menggunakan teknik purposive sampling diper- oleh kelas X 3 dan X 5 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eks- perimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan rata-rata n-Gain dan uji perbedaan dua rata-rata, yakni uji t untuk keterampilan me- nyimpulkan dan uji t’ untuk penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,37 dan 0,43; dan rata-rata n- Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen berturut-turut ada- lah 0,19 dan 0,27. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh bahwa siswa di kelas yang dite- rapkan pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi memiliki keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bah- wa pembelajaran problem solving yang disertai dengan media animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran problem solving, media animasi, keterampilan menyimpulkan, penguasaan konsep, date: 2013-04-10 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung related_url_type: pub citation: Lasimin , Nanik Susanti Pravitasari (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DISERTAI MEDIA ANIMASI PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/2/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/4/5.%20HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/5/6.%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1072/13/LAMPIRAN.zip