%0 Thesis %9 Masters %A Alwansyah, 1023031004 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2015 %F eprints:10726 %I Universitas Lampung %T MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI DI KELAS VIII MTs AL AZHAR TULANG BAWANG %U http://digilib.unila.ac.id/10726/ %X ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan pendekatan model simulasi pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII MTs Al Azhar Unit 2 Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada setiap siklusnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, data hasil observasi dari setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model simulasi. Pada siklus I, indikator keterampilan sosial belum ada yang mencapai 70% aktivitas siswa. Pada siklus II indikator keterampilan sosial yang telah mencapai 70% aktivitas siswa dengan indikator keterampilan sosial bergiliran/berbagi dan bersungguh-sungguh/mengikuti petunjuk. Pada siklus III semua indikator keterampilan sosial telah mencapai 70% atau lebih indikator bergiliran/berbagi, menghargai/menghormati membantu/menolong orang lain, bersungguh-sungguh, mengontrol emosi, menyampaikan pendapat, menerima pendapat. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model simulasi dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VIII MTs Al Azhar Tulang Bawang Tahun Ajaran 2013/2014 Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Simulasi, Pembelajaran IPS ABSTRACT This class action research was aimed at finding out the increase of pupils’ social skills by using simulation model approach to social studies learning of the 8th grade pupils at MTs Al Azhar Unit 2 Tulang Bawang Academic Year 2013-2014. It was carried out by applying simulation steps to improve pupils’ social skills in each cycle. The type of this research was a classroom action research conducted to find out the increase of pupils’ social skills in learning. It was conducted in three cycles. The data obtained from observations of each cycle was used as basis or corrections for the next cycle. The results showed that in Cycle I, the indicators of pupils’ social skills did not yet reach 70% of their activities. In Cycle II, the indicators of social skills reached 70% of pupils’ activities including the applications of ‘turn-taking/sharing’ and ‘making efforts/following instructions’ indicators. In Cycle III, the applications of all social skill indicators reached 70% or more including the indicators of ‘turntaking/ sharing’, ‘appreciating/respecting each other’, ‘assisting/helping each other’, ‘making efforts’, ‘controlling emotions’, ‘expressing opinions’, ‘accepting opinions’. Thus, learning through a simulation model could improve the social skills of the eighth grade students of MTs Al Azhar Tulang Bawang. Key words: Social Skills, Simulation, Social Studies Learning