@misc{eprints10742, month = {Juni}, title = {PENERAPAN ONGOING ASSESSMENT DENGAN FEEDBACK DAN TANPA FEEDBACK MENGGUNAKAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA}, author = {1113022025 Inayah Rahmawati}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10742/}, abstract = {ABSTRAK Ongoing assessment dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dan membantu meningkatkan performa siswa selanjutnya. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan dalam ongoing assessment adalah pemberian feedback. Feedback diberikan dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang hasil upaya belajar siswa. Pada pelaksanaannya siswa diberikan soal ongoing assessment berupa soal pilihan jamak, kemudian siswa menjawab menggunakan flash card selanjutnya siswa diberikan feedback pada kelas eksperimen dan tidak diberikan feedback pada kelas kontrol. Feedback diberikan dengan cara mengarahkan siswa dan memberikan petunjuk dalam mengoreksi jawabannya hingga siswa menemukan jawaban yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa pada penerapan ongoing assessment dengan feedback dan tanpa feedback. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil Inayah Rahmawati belajar siswa menggunakan skor N-gain sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan ongoing assessment dengan feedback dan tanpa feedback. Rata-rata hasil belajar fisika siswa pada kelas yang diberikan feedback sebesar 66,9 sedangkan pada kelas yang tidak diberikan feedback sebesar 57,1. Peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan ongoing assessment dengan feedback sebesar 30,9 dengan nilai N-gain sebesar 0,47 (kategori sedang). Peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah penerapan ongoing assessment tanpa feedback sebesar 14,9 dengan nilai N-gain sebesar 0,23 (kategori rendah). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan ongoing assessment dengan feedback lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Kata kunci : feedback, flash card, hasil belajar, ongoing assessment} }