%A OLAN ASCOREPTA Saparuddin %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem Sol- ving pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dalam meningkatkan kete- rampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan siswa. Model problem sol- ving terdiri dari 5 tahapan ,yaitu;(1) mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah, (3 )menetapkan jawaban sementara dari masalah, (4) menguji kebenaran jawaban sementara, (5) menarik kesimpulan Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Talang Padang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 256 siswa dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 2 dan X 3 semester Genap Tahun Pelajaran yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing- masing 0,27 dan 0,62 dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,28 dan 0,74. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa Model problem solving pada materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan. Kata kunci: keterampilan, mengelompokkan, mengkomunikasikan, model problem solving, %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints1076