@misc{eprints10763, month = {Juni}, title = {PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X.MIA.2 DI SMA NEGERI 2 KOTA METRO}, author = {1113043017 Dwi Saktia Ningrum}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10763/}, abstract = {ABSTRAK PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS X.MIA.2 DI SMA NEGERI 2 KOTA METRO Oleh DWI SAKTIA NINGRUM Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran tari sigeh penguten pada kelas X.MIA.2 di SMA Negeri 2 Kota Metro. Teori yang digunakan teori pembelajaran dan seni budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data adalah guru, ragam gerak tari, sarana dan prasarana, dan siswa kelas X.MIA.2. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen penilaian yaitu instrumen penilaian aktivitas siswa dan hasil tes praktik siswa. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Proses pembelajaran tari sigeh penguten menggunakan pendekatan saintifik dengan enam aspek yaitu, aspek mengamati materi atau objek berupa gambar gerak tari, video, dan keindahan alam yang diberikan oleh guru, aspek menanya siswa bertanya dan berdiskusi tentang seni budaya, aspek menalar siswa menalar dan berimajinasi tentang pemahaman tari sigeh penguten, aspek mencoba siswa mencoba mempresentasikan dan memeragakan gerak tari sigeh penguten, aspek menyimpulkan siswa menyimpulkan dari beberapa pendapat dari siswa lain mengenai materi yang dipelajari, dan aspek mengkomunikasikan siswa mengapresiasi materi pada lingkungan dan kehidupan sehari-hari. Pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan pengetahyan siswa. Pembelajaran tari sigeh penguten menggunakan pendekatan saintifik memperoleh nilai 66.1 dengan kriteria baik. Hasil tes praktik memperoleh nilai 76,1 termasuk dalam kriteria baik, dari aspek hafalan urutan gerak dan ketepatan gerak dengan musik. Kata kunci : pembelajaran, pendekatan saintifik, tari sigeh penguten. ABSTRACT THE LEARNING OF SIGEH PENGUTEN DANCE USED SCIENTIFIC APPROACH AT CLASS X.MIA.2 SMAN 2 METRO CITY By DWI SAKTIA NINGRUM This research was aimed to describe process and steps in the scientific approach X.MIA.2 class at SMAN 2 Metro City in sigeh penguten dance learning. The theory used in this research is the theory of learning, arts and culture. This study used a qualitative descriptive study. Data collection techniques in this study are observation, interview and documentation. The source of the data in this study is the teacher and culture, a variety of dance movements, infrastructure, and the students of class X.MIA.2. This research uses 2 instrument rating which is an instrument of student activity and student practicetest results. Data were analyzed by means of the reduction of data, data presentation, and conclusion. The process of learning sigeh penguten dance using a scientific approach with the six aspects namely; on observing the students observe material or object in the form of motion pictures, videos, dance and beauty of nature provided by the teacher, the students asked inquiring into aspects and discuss about things about art and culture, the others are allegorical; others are allegorical; and their imagination students about understanding aspect sigeh penguten dance, trying aspect: students try to present and demonstrate a range of sigeh penguten motion dance aspect concluded: students infer from some opinions from other students regarding the material covered is that artistic activity it was wonderful then sigeh penguten dance need to be preserved, and the aspects of communicating: the case of the student material on environment and everyday life. The result of learning sigeh penguten dance by scientific to improve student?s activity, creativity, and knowledge. Sigeh penguten dance outcomes using scientific approaches in class X. MIA 2 SMAN 2 Metro City averaged 66.1 in criteria well. Practice test scores got 76.1 included in criteria well, the aspect of motion and precision motion with music. Key word : Learning, sigeh penguten dance, scientific approach} }