%0 Generic %9 Other %A Tina Sepriyanti, 1113099004 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10769 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA DI SLB “WIYATA DHARMA” METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/10769/ %X PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA REALIA SISWA KELAS IV TUNA GRAHITA DI SLB “WIYATA DHARMA” METRO PUSAT Oleh : TINA SEPRIYANTI ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV Tunagrahita di SLB “Wiyata Dharma” Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui media realia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan teknik non tes menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan teknik tes menggunakan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 65,33 dan mengalami peningkatan 18,00 sehingga pada siklus II menjadi 83,33. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,30 meningkat 13,30 sehingga pada siklus II menjadi 76,60. Selain itu ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 50,00% dan pada siklus II menjadi 83,33%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tunagrahita di SLB „Wiyata Dharma” Metro Pusat. Kata Kunci : media realia, aktivitas belajar, hasil belajar, tuna grahita.