?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+PAIR+CHECK+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0APADA+PEMBELAJARAN+IPS+SISWA+KELAS+IV%0D%0ASD+NEGERI+5+METRO+SELATAN&rft.creator=Fitriyani%2C+1113053045&rft.subject=+&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.description=ABSTRAK%0D%0APENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+PAIR+CHECK+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0APADA+PEMBELAJARAN+IPS+SISWA+KELAS+IV%0D%0ASD+NEGERI+5+METRO+SELATAN%0D%0AOleh%0D%0AFITRI+YANI%0D%0APenelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPS+di+kelas+IV+SD+Negeri+5+Metro+Selatan.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPS+di+kelas+IV+SD+Negeri+5+Metro+Selatan+melalui+penerapan+model+Cooperative+Learning+tipe+Pair+Check.%0D%0AJenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas.+Penelitian+ini+dilaksanakan+dengan+2+siklus+yang+masing-masing+siklus+terdiri+dari+4+tahapan%2C+yaitu%3A+(a)+perencanaan%2C+(b)+pelaksanaan%2C+(c)+pengamatan%2C+dan+(d)+refleksi.+Pengumpulan+data+dilakukan+dengan+menggunakan+lembar+observasi+dan+tes+formatif+yang+dianalisis+menggunakan+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+Cooperative+Learning+tipe+Pair+Check+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPS+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+5+Metro+Selatan.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+peningkatan+persentase+ketuntasan+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+dan+siklus+II.+Persentase+hasil+belajar+kognitif+pada+siklus+I+70%25+dalam+katagori+%E2%80%9DSedang%E2%80%9D.+Siklus+II+mengalami+peningkatan+sebesar+13%2C3%25+menjadi+83%2C3%25+dalam+katagori+%E2%80%9DTinggi%E2%80%9D.+Persentase+hasil+belajar+afektif+siswa+pada+siklus+I+adalah+74%25+dalam+katagori+%E2%80%9DBaik%E2%80%9D.+Siklus+II+mengalami+peningkatan+sebesar+14%25+menjadi+88%25+dengan+katagori+%E2%80%9DSangat+Baik%E2%80%9D.+Persentase+hasil+belajar+psikomotor+siswa+pada+siklus+I+adalah+73%2C5%25+dalam+katagori+%E2%80%9DBaik%E2%80%9D.+Siklus+II+mengalami+peningkatan+sebesar+14%25+menjadi+87%2C5%25+dengan+katagori+%E2%80%9DSangat+Baik%E2%80%9D.%0D%0AKata+kunci%3A+tipe+pair+check%2C+aktivitas+belajar%2C+hasil+belajar.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-06-08&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F7%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F9%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F22%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F13%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F14%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F20%2FBAB%2520%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F15%2FBAB%2520%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F18%2FBAB%2520%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F21%2FBAB%2520%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F16%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Fitriyani%2C+1113053045++(2015)+PENERAPAN+MODEL+COOPERATIVE+LEARNING+TIPE+PAIR+CHECK+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PADA+PEMBELAJARAN+IPS+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+5+METRO+SELATAN.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10770%2F