%A 1113053045 Fitriyani %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN %X ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO SELATAN Oleh FITRI YANI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan melalui penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes formatif yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Pair Check untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Selatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase hasil belajar kognitif pada siklus I 70% dalam katagori ?Sedang?. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,3% menjadi 83,3% dalam katagori ?Tinggi?. Persentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I adalah 74% dalam katagori ?Baik?. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 88% dengan katagori ?Sangat Baik?. Persentase hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I adalah 73,5% dalam katagori ?Baik?. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 14% menjadi 87,5% dengan katagori ?Sangat Baik?. Kata kunci: tipe pair check, aktivitas belajar, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints10770