@misc{eprints10775, month = {Juni}, title = {PENGGUNAAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {0813052050 Turina}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10775/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rasa percaya diri yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ? apakah tekhnik assertive training dapat meningkatkan rasa percaya diri ?? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan tekhnik assertive training dalam meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian one-group pre-test post-test. Subyek penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) orang siswa kelas VII yang memiliki rasa percaya diri rendah. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket/ kuisioner percaya diri. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif terhadap rasa percaya diri siswa sebelum dan sesudah diberikan tekhnik assertive training, ditunjukkan dari pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon, hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung = -2,371 {\ensuremath{<}} z tabel = 2 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang didapat adalah tekhnik assertive training dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Taun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) kepada kepala sekolah, hendaknya dapat membantu, dan mendukung program-program BK demi kemajuan perkembangan peserta didik (2) kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan assertive training dalam mengatasi masalah siswa terutama dalam meningkatkan rasa percaya diri (3) kepada siswa hendaknya dapat mengikuti kegiatan assertive training dalam meningkatkan rasa percaya dirinya (4) kepada peneliti lain, hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah Turina yang sama, dengan menggunakan variabel yang sudah diteliti sebelumnya serta menambahkan keperibadian pada variabel terikatnya. Kata kunci : tekhnik assertive training, percaya diri, bimbingan dan konseling.} }