TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1078 UR - http://digilib.unila.ac.id/1078/ A1 - Purwanto, RATIH PUJI ASTUTI Y1 - 2013/06/08/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengelompokkan dan inferensi melalui penerapan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelompok kognitif tinggi sedang dan rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Bandarlampung yang berjumlah 29 siswa. Peneli- tian ini mengunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Dengan analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelompokkan pada kelom- pok tinggi 100% siswa berkriteria sangat baik. Pada kelompok sedang, 50% siswa berkriteria sangat baik, 38,89% siswa baik dan 11,11% siswa yang berkriteria cukup. Pada kelompok rendah 33,33% siswa berkriteria sangat baik, 50% siswa berkriteria baik dan 16,67% siswa berkriteria cukup. Kemampuan inferensi pada kelompok tinggi 100% siswa berkriteria sangat baik. Pada kelompok sedang, 44,44% siswa berkriteria sangat baik,16,67% siswa berkriteria baik dan 38,89% siswa berkriteria cukup. Pada kelompok rendah dengan presentase yang sama yaitu 33,33% siswa memiliki kriteria sangat baik, baik, dan cukup. Kata kunci : Keterampilan mengelompokkan dan inferensi, kemampuan kognitif, problem solving. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - ANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN INFERENSI PADA MATERI KOLOID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING AV - restricted ER -