TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10786 UR - http://digilib.unila.ac.id/10786/ A1 - Wirdona Yunisa, 1113024072 Y1 - 2015/06/25/ N2 - ABSTRAK Hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung menunjukkan bahwa pembelajaran belum melatih kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk melatih kemampuan berargumentasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan berargumentasi siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desai prestest postest nonequivalent. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan kelas VIIB yang dipilih dari populasi menggunakan teknik purpose sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data kemampuan berargumentasi tertulis siswa dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem Solving yang dianalisa secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Solving mampu meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa dengan rata-rata kemampuan berargumentasi siswa sebesar 51,4 dengan kriteria ?cukup?. Rata-rata kemampuan siswa pada indikator claim sebesar 89,4 dengan kriteria ?sangat baik?, pada indikator data/ground sebesar 84,75% dengan kriteria ?baik?, pada indikator warrant sebesar 82,3 dengan kriteria ?baik?, pada indikator rebuttal sebesar 0,77% dengan kriteria ?kurang?, dan pada indikator backing sebesar 0 dengan kriteria ?kurang?. Disamping itu, model pembelajaran Problem Solving mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 51,9. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran Problem Solving. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Solving berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: problem solving, hasil belajar, kemampuan berargumentasi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berargumentasi Siswa dan Hasil Belajar (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan) AV - public ER -