?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=Pengaruh+Model+Problem+Based+Learning+(PBL)+Terhadap+Kemampuan%0D%0ABerargumentasi+dan+Hasil+Belajar+Siswa%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Genap+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015+pada+Materi+Pokok+Peran%0D%0AManusia+dalam+Pengelolaan+Lingkungan+untuk+Mengatasi+Pencemaran+dan%0D%0AKerusakan+Lingkungan)%0D%0A&rft.creator=Helen+Meta+Afisha%2C+1113024024&rft.subject=+&rft.subject=LC+Special+aspects+of+education&rft.subject=Q+Science+(General)&rft.description=ABSTRAK%0D%0APengaruh+Model+Problem+Based+Learning+(PBL)+Terhadap+Kemampuan%0D%0ABerargumentasi+dan+Hasil+Belajar+Siswa%0D%0A(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Genap+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015+pada+Materi+Pokok+Peran%0D%0AManusia+dalam+Pengelolaan+Lingkungan+untuk+Mengatasi+Pencemaran+dan%0D%0AKerusakan+Lingkungan)%0D%0A%0D%0AOleh%0D%0AHelen+Meta+Afisha%0D%0AHasil+observasi+oleh+guru+di+kelas+VII+SMP+N+20+Bandar+Lampung%2C+diketahui%0D%0Abahwa+siswa+belum+diajarkan+untuk+menulis+argumen+dan+hasil+belajar+siswa%0D%0Amasih+rendah.+Oleh+karena+itu%2C+diperlukan+alternatif+untuk+meningkatkan%0D%0Akemampuan+berargumentasi+dan+hasil+belajar+siswa%2C+salah+satunya+dengan%0D%0Amenerapkan+model+pembelajaran+PBL.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui%0D%0Apengaruh+model+pembelajaran+PBL+terhadap+kemampuan+berargumentasi+dan+hasil%0D%0Abelajar+siswa.%0D%0APenelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretest+postest+nonequivalen.%0D%0ASampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIID+dan+kelas+VIIH+yang+dipilih%0D%0Adari+populasi+secara+purpose+sampling.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kualitatif%0D%0Adan+kuantitatif.+Data+kualitatif+berupa+kemampuan+berargumentasi+siswa+dan%0D%0Atanggapan+siswa+terhadap+model+pembelajaran+PBL+yang+dianalisis+secara%0D%0Adeskriptif.+Data+kuantitatif+berupa+data+hasil+belajar+siswa+yang+diperoleh+dari%0D%0Anilai+pretest%2C+postest%2C+dan+N-gain+dan+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji-t.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+model+pembelajaran+PBL+mampu%0D%0Ameningkatkan+kemampuan+berargumentasi+siswa+di+kelas+eksperimen+dengan%0D%0Arata-rata+kemampuan+berargumentasi+siswa+52%25+dengan+kriteria+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D+lebih%0D%0Abesar+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+rata-rata+kemampuan+berargumentasi%0D%0Asiswa+27%25+berkriteria+%E2%80%9Ckurang%E2%80%9D.+Pada+indikator+claim+pertemuan+pertama%0D%0Aberkriteria+%E2%80%9Cbaik%E2%80%9D+dan+pertemuan+kedua+berkriteria+%E2%80%9Csangat+baik%E2%80%9D%2C+indikator+data%0D%0Adan+warrant+pertemuan+pertama+dan+pertemuan+kedua+berkriteria+%E2%80%9Ccukup%E2%80%9D%2C%0D%0Aindikator+backing+dan+rebuttal+pada+pertemuan+pertama+dan+kedua+berkriteria%0D%0A%E2%80%9Ckurang%E2%80%9D+.+Disamping+itu+semua+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap%0D%0Amodel+pembelajaran+PBL.+Meningkatnya+kemampuan+berargumentasi+diikuti%0D%0Adengan+meningkatnya+hasil+belajar+IPA+dengan+rata-rata+N-gain+sebesar+67.%0D%0ADengan+demikian%2C+penggunaan+model+pembelajaran+PBL+berpengaruh+terhadap%0D%0Akemampuan+berargumentasi+dan+hasil+belajar+siswa.+Namun+model+pembelajaran%0D%0APBL+masih+kurang+optimal+untuk+meningkatkan+indikator+backing+dan+rebuttal.%0D%0AKata+kunci+%3A+hasil+belajar%2C+kemampuan+berargumentasi%2C+problem+based+learning&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-06-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F21%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F20%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F9%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F8%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F4%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F3%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F5%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F6%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F7%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F12%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F19%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F18%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F15%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F16%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Helen+Meta+Afisha%2C+1113024024++(2015)+Pengaruh+Model+Problem+Based+Learning+(PBL)+Terhadap+Kemampuan+Berargumentasi+dan+Hasil+Belajar+Siswa+(Studi+Eksperimen+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+20+Bandar+Lampung+Semester+Genap+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015+pada+Materi+Pokok+Peran+Manusia+dalam+Pengelolaan+Lingkungan+untuk+Mengatasi+Pencemaran+dan+Kerusakan+Lingkungan).++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F10787%2F