title: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan) creator: Helen Meta Afisha, 1113024024 subject: subject: LC Special aspects of education subject: Q Science (General) description: ABSTRAK Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan) Oleh Helen Meta Afisha Hasil observasi oleh guru di kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung, diketahui bahwa siswa belum diajarkan untuk menulis argumen dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest postest nonequivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan kelas VIIH yang dipilih dari populasi secara purpose sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan berargumentasi siswa dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran PBL yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain dan dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata kemampuan berargumentasi siswa 52% dengan kriteria “cukup” lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata kemampuan berargumentasi siswa 27% berkriteria “kurang”. Pada indikator claim pertemuan pertama berkriteria “baik” dan pertemuan kedua berkriteria “sangat baik”, indikator data dan warrant pertemuan pertama dan pertemuan kedua berkriteria “cukup”, indikator backing dan rebuttal pada pertemuan pertama dan kedua berkriteria “kurang” . Disamping itu semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran PBL. Meningkatnya kemampuan berargumentasi diikuti dengan meningkatnya hasil belajar IPA dengan rata-rata N-gain sebesar 67. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap kemampuan berargumentasi dan hasil belajar siswa. Namun model pembelajaran PBL masih kurang optimal untuk meningkatkan indikator backing dan rebuttal. Kata kunci : hasil belajar, kemampuan berargumentasi, problem based learning publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-06-25 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/21/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/20/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/8/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/4/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/3/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/5/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/6/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/7/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/19/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/15/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/10787/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Helen Meta Afisha, 1113024024 (2015) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berargumentasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 pada Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/10787/