%A Wanggi Setra Ambri. %T ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi koloid dengan penerapan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Sub- yek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa da- lam mengkomunikasikan, pada kelompok tinggi terdapat 88,89% siswa berkrite- ria sangat baik; dan 11,11% siswa berkriteria baik. Pada kelompok sedang terda- pat 27,22% siswa berkriteria sangat baik; 59,08% siswa berkriteria baik; dan 13,7% siswa berkriteria cukup. Pada kelompok rendah terdapat 22,22% siswa berkriteria sangat baik; 33,33% siswa berkriteria baik; dan 44% siswa berkriteria cukup. Untuk keterampilan siswa dalam menyimpulkan, pada kelompok tinggi terdapat 77,7% siswa berkriteria sangat baik; dan 22,3% siswa berkriteria baik. Pada kelompok sedang terdapat 36,6% siswa berkriteria sangat baik; dan 63,4% siswa berkriteria baik. Pada kelompok rendah terdapat 11,11% siswa berkriteria sangat baik; 66,67% siswa berkriteria baik; dan 22% siswa berkriteria cukup. Kata kunci : kelompok kognitif, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, koloid, problem solving. %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints1082