creators_name: Ambri., Wanggi Setra type: other datestamp: 2014-02-12 06:00:58 lastmod: 2014-02-12 06:00:58 metadata_visibility: show title: ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi koloid dengan penerapan model pembelajaran problem solving untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Sub- yek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa da- lam mengkomunikasikan, pada kelompok tinggi terdapat 88,89% siswa berkrite- ria sangat baik; dan 11,11% siswa berkriteria baik. Pada kelompok sedang terda- pat 27,22% siswa berkriteria sangat baik; 59,08% siswa berkriteria baik; dan 13,7% siswa berkriteria cukup. Pada kelompok rendah terdapat 22,22% siswa berkriteria sangat baik; 33,33% siswa berkriteria baik; dan 44% siswa berkriteria cukup. Untuk keterampilan siswa dalam menyimpulkan, pada kelompok tinggi terdapat 77,7% siswa berkriteria sangat baik; dan 22,3% siswa berkriteria baik. Pada kelompok sedang terdapat 36,6% siswa berkriteria sangat baik; dan 63,4% siswa berkriteria baik. Pada kelompok rendah terdapat 11,11% siswa berkriteria sangat baik; 66,67% siswa berkriteria baik; dan 22% siswa berkriteria cukup. Kata kunci : kelompok kognitif, keterampilan mengkomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, koloid, problem solving. date: 2013-05-17 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung related_url_type: pub citation: Ambri., Wanggi Setra (2013) ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/1/2.%20COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/2/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/3/4.%20HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/4/5.%20HALAMAN%20MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/5/6.%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/7/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/8/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/9/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/10/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/11/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1082/13/LAMPIRAN.zip