creators_name: DEWI KHOIRUN NISA, 1113024010 creators_id: dewikhoirunnisa10@gmail.com type: other datestamp: 2015-07-03 08:19:56 lastmod: 2015-07-03 08:19:56 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) ispublished: pub subjects: LB subjects: QH301 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (KBK) pada materi pokok peran manusia dalam mengelola lingkungan di SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa adalah kelas VII. G dan VII. E di SMP Negeri 21 Bandar Lampung yang ditentukan secara acak dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest, post test dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif dalam penelitian ini berupa data kemampuan berpikir kritis Dewi Khoirun Nisa siswa yang diperoleh melalui hasil pretes dan postes, data tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS berbasis masalah melalui instrumen angket tanggapan siswa, dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari instrumen observasi aktivitas belajar siswa kemudian dianalisis secara deskriptif. Masing-masing indikator KBK mengalami peningkatan, namun tidak semua indikator signifikan. Indikator KBK yang mengalami peningkatan berbeda secara signifikan yaitu indikator memberikan alasan rata-rata N-gain 87,01 ± 22,71, memberikan solusi 73,07 ± 27,04. Sedangkan indikator memfokuskan pertanyaan 36,93 ± 25,03 mengalami peningkatan tidak berbeda signifikan. Berdasarkan observasi rata-rata aktivitas belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis masalah pada aspek memperhatikan arahan guru (85,12 %) berkriteria baik, menyelidiki (77,38%) berkriteria baik, mempresentasikan (86,31%) berkritteria baik, dan mengajukan pertanyaan (66,96%) berkriteria cukup. Selain itu, sebagian besar siswa (81,47%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis masalah. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan LKS berbasis masalah berpengaruh signifikan dalam meningkatkan KBK siswa pada materi pokok peran manusia dalam mengelola lingkungan Kata kunci : Peran manusia dalam pengelolaan lingkungan, Kemampuan Berpikir Kritis (KBK), LKS berbasis masalah. date: 2015-06-30 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: DEWI KHOIRUN NISA, 1113024010 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/4/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/7/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/18/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/15/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/10844/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf