@misc{eprints10852, month = {Juni}, title = {PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113041010 AYU WANDIRA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10852/}, abstract = {ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran. Penelitian menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Lampung dan difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, rekaman, dan angket terbuka. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahapan pembelajaran berdasarkan tujuan penelitian, yakni (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran guru merancang sesuai komponen RPP No 103 tahun 2014. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan selama dua pertemuan. Kedua pertemuannya guru melakukan tiga kegiatan, (1) kegiatan pendahuluan, pertemuan pertama dan kedua guru melakukan apersepsi dan penyampaian kompetensi rencana kegiatan, (2) kegiatan inti, guru menggunakan pendekatan scientific dan media berupa teks diskusi ?Bolehkah Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah??. Pertemuan pertama, guru melakukan kegiatan tanya jawab dan diskusi kelompok dengan teknik jigsaw (kelompok inti dan kelompok ahli) dan mengerjakan soal yang terdapat dalam buku siswa dan LKS. Lalu mempresentasikan hasil kerja dan siswa lain menanggapi. Pertemuan kedua, membahas tentang makna istilah teks diskusi, (3) kegiatan penutup, guru melakukan refleksi. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru adalah penilaian sikap berupa nilai tanggung jawab, peduli, percaya diri, jujur, dan santun. Penilaian pengetahuan berupa penugasan. Penilaian keterampilan dengan menuliskan struktur teks dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks serta menanggapi pertanyaan kelompok.} }