%A FERDYAN 0816051030 %T PENGARUH JINGLE, CELEBRITY ENDORSER, DAN WARNA PADA IKLAN TELEVISI TERHADAP KESADARAN MEREK KONSUMEN %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jingle, celebrity endorser, dan warna terhadap kesadaran merek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengambil data dari 100 sampel yang merupakan mahasiswa Universitas Lampung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial variabel jingle dan warna memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran merek, sedangkan variabel celebrity endorser berpengaruh tidak signifikan terhadap kesadaran merek. Secara simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek dan mampu menjelaskan kesadaran merek sebesar lima puluh satu koma sembilan persen. Saran bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan kualitas jingle dan menjaga kekuatan warna, serta lebih selektif dalam menentukan selebriti yang akan dijadikan pendukung iklan sehingga dapat menguatkan kesadaran merek. %D 2012 %I Universitas Lampung %L eprints10860