TY - UNPB CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10934 UR - http://digilib.unila.ac.id/10934/ A1 - Winda Anggraini, 1113021071 Y1 - 2015/06/30/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, persentase siswa tuntas belajar, dan disposisi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014-2015 yang terdistribusi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan one group pretes posttest design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model problem based learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, tetapi tidak efektif ditinjau dari persentase siswa tuntas belajar dan disposisi matematis siswa. Kata kunci: disposisi matematis, pemecahan masalah, problem based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015) AV - restricted ER -