%0 Generic %9 Other %A Yunita Fitri Yanti, 1113041078 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:10938 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII TERBITAN ERLANGGA %U http://digilib.unila.ac.id/10938/ %X ABSTRAK POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VII TERBITAN ERLANGGA Oleh YUNITA FITRI YANTI Masalah dalam penelitian ini adalah penyajian kegiatan pembelajaran pada buku Mahir Berbahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penyajian kegiatan pembelajaran dalam buku Mahir Berbahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pengajar dan calon pengajar mengenai penyajian kegiatan yang terdapat pada buku bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik Kurikulum 2013. Desain penelitian menggunakan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah buku Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII dan difokuskan pada penyajian kegiatan pembelajaran pada buku Mahir Berbahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data berupa menyiapkan buku yang akan diteliti, membaca sumber data, mengamati dan menentukan kegiatan pembelajaran, mendeskripsikan pola penyajian kegiatan pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dalam buku Mahir berbahasa Indonesia berjumlah 187 kegiatan, terdiri atas 62 kegiatan mengamati, 11 kegiatan menanya, 44 kegiatan mencoba, 39 kegiatan menalar, dan 31 kegiatan menyaji, dari jumlah tersebut terdapat 35 pola penyajian kegiatan pembelajaran, diantaranya terdapat 4 pola penyajian yang sama antar sub bab satu dengan sub bab lainnya. Berdasarkan kegiatan pendekatan saintifik pada buku teks yang dikeluarkan puskurbuk, buku Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII terbitan Erlangga, ditemukan terdapat 1 (satu) pola yang sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyaji, serta terdapat 34 pola kegiatan yang tidak berurutan berdasarkan pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyaji/mengomunikasikan.