TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints10963 UR - http://digilib.unila.ac.id/10963/ A1 - Iga Asmalia, 1113023028 Y1 - 2015/06/30/ N2 - ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen berbasis keterampilan proses sains (KPS) dan mendeskripsikan tanggapan guru mengenai instrumen asesmen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan ini menggunakan instrumen angket analisis kebutuhan, instrumen validasi ahli, angket tanggapan guru. Karakteristik instrumen asesmen ini adalah instrumen asesmen yang mengukur ranah kognitif siswa yang berhubungan dengan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase asesmen pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi sebesar 93,75%; 84,61%; dan 94,00%. Persentase tanggapan guru pada aspek uji kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi adalah sebesar 89,37%; 86,15%; dan 87,75%. Berdasarkan hasil tersebut, nstrumen asesmen yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 90,78%. Kata kunci : asesmen, KPS, stoikiometri PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI STOIKIOMETRI AV - restricted ER -