%0 Generic %9 Other %A Aditya Eka Putra, 1013023020 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:10964 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI STOIKIOMETRI %U http://digilib.unila.ac.id/10964/ %X ABSTRAK Sebagian besar konsep dalam ilmu kimia bersifat abstrak. Sehingga berpotensi menimbulkan miskonsepsi yang sering dialami para siswa, sehingga perlu dilaku-kan pengembangan pada media pembelajaran terutama pada LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis keterampilan proses sains. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono (2008). Hasil dari LKS yang dikembangkan adalah LKS yang dapat mengukur keterampilan proses sains siswa. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Uji coba terbatas dilakukan di salah satu sekolah di kota Bandar Lampung. Berdasarkan uji coba terbatas untuk guru terhadap aspek kesesuaian isi materi, keterbacaan, dan kons-truksi terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains diperoleh hasil masing-masing 88,17%, 89,04%, dan 88%. Sedangkan uji coba terbatas yang dilakukan untuk siswa terhadap aspek kemenarikan, dan keterbacaan terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains diperoleh masing-masing 87,07% dan 88,52%. Ber-dasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis keterampilan proses sains dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat membantu siswa dalam penguasaan konsep khususnya pada materi stoikiometri. Kata Kunci : LKS, keterampilan proses sains, stoikiometri