@misc{eprints10983, month = {Juni}, title = {KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG}, author = {1113041053 Reshky Thofan D.}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/10983/}, abstract = {Masalah utama yang terdapat di dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan penggunaan media kartu gambar dibandingkan dengan penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media kartu gambar dibandingkan dengan penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan menulis pantun pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan dengan cara pretes dan postes oleh kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Subjek yang terlibat ke dalam penelitian ini adalah para siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan para siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian ini hanya menggunakan alat tes, yaitu berupa instrumen soal tes tertulis menganalisis teks pantun berdasarkan karakteristik atau struktur-struktur teksnya dan instrumen soal tes tertulis memproduksi teks pantun sesuai dengan karakteristik atau struktur-struktur teksnya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T-Tes terhadap data-data pretes dan data-data postes kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. Hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan media kartu gambar lebih efektif dibandingkan penggunaan media kartu kata dalam membentuk kemampuan menulis pantun para siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji T-Tes yang telah dilakukan dengan menggunakan program software SPSS versi 17, bahwa nilai untuk data pretes dan postes kelompok eksperimen adalah 1,09, dan nilai adalah 0,854. Selain itu, nilai untuk data pretes dan postes kelompok kontrol adalah 0,401, dan nilai adalah 0,256. Dengan demikian, H ditolak dan A diterima. Hal ini berarti {\ensuremath{\mu}}1 {\ensuremath{>}} {\ensuremath{\mu}}2 (lihat pasangan hipotesis statistik dan kriteria uji pada halaman 31). Jadi, hipotesis konseptual yang diajukan, ?penggunaan media kartu gambar lebih efektif dibandingkan penggunaan media kartu kata dalam membentuk kemampuan menulis pantun para siswa?. Hipotesis konseptual yang telah diajukan tersebut sangat teruji, dan dapat diyakini kebenarannya pada tarap kepercayaan 80\% (t = 0,80). Dengan terujinya hipotesis konseptual yang telah diajukan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar lebih efektif dibandingkan penggunaan media kartu kata dalam membentuk kemampuan menulis pantun para siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Lampung.} }