TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11030 UR - http://digilib.unila.ac.id/11030/ A1 - Jaka Wijaya, 0543024020 Y1 - 2015/06/30/ N2 - Keterampilan berpikir kritis (KBK) perlu dimiliki siwa dalam proses pembelajaran. Namun hasil observasi di SD Negeri 1 Kampung Baru Bandar Lampung menunjukkan bahwa pembelajaran yang berlangsung belum mendukung tercapainya KBK siswa, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa, salah satunya melalui penggunaan pendekatan keterampilan proses sains (KBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan keterampilan proses sains terhadap KBK siswa pada materi pokok Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas III A dan III B yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretes dan postes lalu dihitung selisihnya sehingga diperoleh N-gain, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis menggunakan indeks aktivitas siswa terhadap penerapan praktikum yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 57,34 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yaitu 18,86. Selain itu, rata-rata indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan 38,85% lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimenpun lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 79,2; kontrol = 71,1). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan keterampilan proses sains (KPS). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan KPS berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan KBK dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup. Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup, Keterampilan berpikir Kritis. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA ( Studi Eksperimen pada Siswa Kelas III SD N 1 Kedaton Bandar Lampung 2012/2013) AV - restricted ER -