%A 1113033057 Sevia Andriliani %T PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMAN 1 WAY JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015 %X Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis adalah model Cooperative Learning tipe Jigsaw yaitu pembelajaran yang membentuk suatu kelompok tim ahli yang diharapkan mampu merangsang kemampuan berfikir kritis karena Jigsaw merupakan pembelajaran yang memicu siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Pelajaran Sejarah kelas X IPS di SMA N 1 Way Jepara? (2) Seberapa besar tingkat signifikan pengaruh dari model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Pelajaran Sejarah kelas X IPS di SMA N 1 Way Jepara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi model cooperative learning tipe jigsaw terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji hipotesis pertama menggunakan uji signifikansi dengan uji t, diperoleh nilai thitung= 18,75 > ttabel = 1,701. Berdasarkan uji hipotesis kedua menggunakan rumus korelasi yaitu nilai r = 1,00. Dari hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning tipe Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis dengan taraf signifikansi sangat kuat. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints11043