@misc{eprints11064, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT}, author = {1113023040 Maryati Putri Utami}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11064/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan membedakan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen yang diperoleh dari lima kelas X di SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan X4 sebagai kelas kontrol. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-postest group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan membedakan pada kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut 0,63 dan 0,78. discovery learning ditunjukkan dari perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan pada kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demi-kian, disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membedakan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan Kata kunci: kemampuan membedakan, larutan elektrolit dan non- elektrolit, model discovery learning} }