@misc{eprints11065, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORGANIZING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT}, author = {1113023071 Yeni Deva Pratika}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11065/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan organizing siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sampai kelas X5 SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learning diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan organizing pada kelas eksperimen sebesar 0,53 dan kelas kontrol sebesar 0,43. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji t), disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan organizing siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: discovery learning, kemampuan organizing, larutan elektrolit dan non-elektrolit} }