TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11065 UR - http://digilib.unila.ac.id/11065/ A1 - Yeni Deva Pratika, 1113023071 Y1 - 2015/07/03/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan organizing siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sampai kelas X5 SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model discovery learning diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan organizing pada kelas eksperimen sebesar 0,53 dan kelas kontrol sebesar 0,43. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis (uji t), disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan organizing siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: discovery learning, kemampuan organizing, larutan elektrolit dan non-elektrolit PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORGANIZING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT AV - restricted ER -