%0 Generic %9 Other %A SUJONO DWI PUTRA , 1113024066 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11067 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T KAJIAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN T.P. 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/11067/ %X ABSTRAK KAJIAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN PALAS LAMPUNG SELATAN T.P. 2014/2015 Oleh SUJONO DWI PUTRA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melakukan penilaian autentik pada mata pelajaran IPA di SMP dan MTs se- kecamatan Palas kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 10 guru yang mengajar IPA. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa gambaran tentang kemampuan guru dalam merencanakan dan melakukan penilaian autentik pada mata pelajaran IPA yang diperoleh dari angket guru, angket siswa, tes pengetahuan umum, lembar observasi, dan lembar penilaian instrumen yang dianalisis dengan analisis deskriptif sederhana. Angket dan tes pengetahuan umum telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan analisis korelasi Pearson pada SPSS 17. Validitas angket dan tes pengetahuan umum yaitu 0,87 dan 0,7. Realibilitas angket dan tes pengetahuan umum yaitu 0,87 dan 0,48. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap guru memiliki minimal 3 jenis penilaian autentik dan semua (100%) instrumen yang dimiliki guru sudah sesuai dengan standar penilaian pendidikan baik dari aspek isi, konstruksi, dan bahasa. Sehingga dapat dikatakan kemampuan guru IPA SMP dan MTs se-kecamatan Palas dalam merencanakan penilaian autentik berkriteria baik. Hasil analisis dan tabulasi angket guru menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik memperoleh persentase 43%. Hasil analisis dan tabulasi angket siswa menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik memperoleh persentase 60%. Hasil analisis dan tabulasi lembar observasi menunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian autentik memperoleh persentase 26%. Sehingga dapat dikatakan kemampuan guru IPA SMP dan MTs se-kecamatan Palas dalam melaksanakan penilaian autentik berkriteria cukup. Kata Kunci : Kemampuan guru, Penilaian autentik, dan IPA