TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11099 UR - http://digilib.unila.ac.id/11099/ A1 - Astri Indriyani Astuti, 1113053016 Y1 - 2015/06/26/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Metro Timur pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan desain korelasi bivariat dengan penerapan strategi problem based learning sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penerapan strategi problem based learning adalah angket dan instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan soal tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal essay. Data dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Sebelum data dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar dalam penelitian ini yang digunakan hanya sebatas hasil belajar pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dalam penerapan strategi problem based learning dengan hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = 0,412 yang berada pada kategori ?Sedang? dan taraf signifikansi sebesar 2,64. Besarnya koefisien determinan yaitu 0,1697, sumbangan efektif yang diberikan variabel bebas sebesar 16,97 % dan 83,03 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata kunci: hasil belajar, hubungan, strategi problem based learning. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR AV - restricted ER -