@misc{eprints11102, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVC SD NEGERI 4 METRO UTARA}, author = {1113053085 Oktavi Winata Sari}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11102/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVC SD Negeri 4 Metro Utara pelajaran matematika. Hasil belajar siswa tuntas KKM yang telah ditentukan yaitu 66 sebanyak 6 siswa(23,97\%.) dari 26 siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Analisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkanbahwapenerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IVC SD Negeri 4 Metro Utara. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,95 (57,69\%) dengan kategori aktif, pada siklus II sebesar 79,72 (96,15\%) dengan kategori sangat aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,54 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II sebesar 21,56 menjadi 84,10 dengan kategori sangat baik. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment dan satisfaction.} }