creators_name: Isnaini Fitrah Sari, 1113053060 creators_id: isnainifitrah_sari@yahoo.com type: other datestamp: 2015-07-13 04:14:20 lastmod: 2015-07-13 04:14:20 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 2 NOTOHARJO ispublished: pub subjects: General subjects: LC full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Notoharjo pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Notoharjo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa di siklus I, II, dan III. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63,16 % (Aktif), siklus II 68,42% (Aktif) meningkat 5,26%, siklus III 89,47% (Sangat Aktif) meningkat 21,05%. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa siklus I sebesar 59,61, siklus II 65,66 meningkat 6,05, siklus III 70,66 meningkat 5. Persentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 57,89% (Sedang), siklus II 73,68% (Tinggi) meningkat 15,79%, siklus III 84,21% (Sangat Tinggi) meningkat 10,53%. Persentase hasil belajar afektif siswa siklus I sebesar 47,37% (Cukup Baik), siklus II 73,68% (Baik) meningkat 26,31%, siklus III 84,21% (Sangat Baik) meningkat 10,53%. Persentase hasil belajar psikomotor siswa siklus I sebesar 52,63% (Cukup Terampil), siklus II 57,89% (Cukup Terampil) meningkat 5,26%, siklus III 78,95% (Terampil) meningkat 21,06%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI). date: 2015-06-25 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FKIP thesis_type: other citation: Isnaini Fitrah Sari, 1113053060 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 2 NOTOHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/5/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/3/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/4/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/117/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/11/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/13/DAFTAR%20GRAFIK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/19/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11105/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf