TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11107 UR - http://digilib.unila.ac.id/11107/ A1 - Suciyati, 1113053110 Y1 - 2015/06/19/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada siklus I dansiklus II. Hasil belajar kemampuan membaca pemahaman meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata kemampuan membaca siswa siklus I sebesar 70.73 dan pada siklus II menjadi 84.28. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat tiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 69.82 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 48.57% dan di siklus II diperoleh data nilai rata-rata siswa sebesar 82.46 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85.72%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 37.15%. Kata kunci: hasil belajar, kemampuan membaca pemahaman, model cooperative intergrated reading and composition (CIRC). PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)SISWA KELAS IV B SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO AV - restricted ER -