@misc{eprints11109, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A SD NEGERI 1 GIRIKLOPOMULYO LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113053113 Tya Susanti}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11109/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo yaitu ratarata sebesar 56,08, sedangkan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV A SD Negeri 1 Giriklopomulyo. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 78,92 dan persentase siswa aktif 81,08\% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 84,05 dan persentase siswa aktif 89,19\%. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 72,30 dengan ketuntasan klasikal 48,65\%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84,41 dengan ketuntasan klasikal 91,89\%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, student fasilitator and explaining, IPS} }