%0 Generic %9 Other %A Albertus Ari Trifolta, 1113053005 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11111 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 4 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/11111/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 4 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model cooperative learning tipe Make a Match. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Penerapan pembelajaran dengan model cooperative learning Tipe Make a Match, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 61,48 (cukup aktif), siklus II 77,39 (aktif) meningkat 15,91. Hasil belajar siklus I 68,64 (sedang) dan siklus II 75,45 (Tinggi) meningkat 6,81. Penerapan model cooperative learning Tipe Make a Match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model make a match, aktivitas siswa, dan hasil belajar.