%A ARDIANSYAH Suroto %T PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN DAN BAGIAN TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS X SMA N I RUMBIA LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap keterampilan gerak dasar passing atas bolavoli. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas X SMA N I Rumbia, Lampung Tengah yang dibagi dalam 3 kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment, post test. Teknik pengambilan data menggunakan test keterampilan gerak dasar bolavoli. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians ( ANAVA). Hasil analisis data menunjukan bahwa metode pembelajaran keseluruhan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar passing atas bolavoli secara signifikan 50,849 > 3,15) begitu pula pada metode pembelajaran bagian menujukan peningkatan secara signifikan ( 54,145 > 3,15). Perbedaan pengaruh menunjukan bahwa metode pembelajaran bagian lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar passing atas bolavoli dibandingkan dengan metode pembelajaran keseluruhan ( 3,296 > 3,15). Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Gerak Dasar, Bolavoli %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints1115