%A 1013079287 SUBANI %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Merbau Mataram Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan Pendekatan experiential pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan . Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes berupa butir soal. Pengolahan dan analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan aktivitas belajar siswa rata-rata 55.5%, sedangkan hasil belajar siswa rata-rata 46%, Pada siklus ke II menunjukan peningkatan aktivitas belajar siswa rata-rata 83,5%, dengan hasil belajar siswa ratarata 85%, Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA kelas IV dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan Experiential di SD Negeri 4 Merbau Mataram. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Experiential karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints11163