title: Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Argumen creator: Desta Saputri, 1113023007 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menganalisis argumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menganalisis argumen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,35 dan 0,68. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menganalisis argumen pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada rata-rata n-Gain keterampilan menganalisis argumen dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menganalisis argumen. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-07-10 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/3/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/4/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/5/SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11193/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Desta Saputri, 1113023007 (2015) Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Argumen. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/11193/