creators_name: Desta Saputri, 1113023007 creators_id: destasaputri92@gmail.com type: other datestamp: 2015-07-14 04:07:06 lastmod: 2015-07-14 04:07:06 metadata_visibility: show title: Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Argumen ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menganalisis argumen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menganalisis argumen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,35 dan 0,68. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menganalisis argumen pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dari pada rata-rata n-Gain keterampilan menganalisis argumen dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menganalisis argumen. date: 2015-07-10 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Desta Saputri, 1113023007 (2015) Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Argumen. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/4/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/5/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11193/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf