creators_name: Fitry Trysya Marchintha, 1113023024 creators_id: trysyamarchintha@gmail.com type: other datestamp: 2015-07-14 04:39:56 lastmod: 2015-07-14 04:39:56 metadata_visibility: show title: Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi ispublished: pub subjects: LB subjects: QD full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Postest) Control-Group Design. Efektivitas penggunaan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas kontrol sebesar 0,51 dan kelas eksperimen sebesar 0,64. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan klarifikasi. date: 2015-07-10 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Fitry Trysya Marchintha, 1113023024 (2015) Efektivitas Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/4/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/5/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11197/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf