title: Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Reaksi Redoks dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi creator: Indah Kusuma Rini, 0813023032 subject: subject: LC Special aspects of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada reaksi redoks dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Sampel penelitian ini adalah kelas X1 dan X2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh siswa kelas X SMAN 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent (pretest-posttest) control group design. Efektivitas pembelajaran ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,63 dan 0,22. Berdasarkan hasil uji hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-07-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11203/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Indah Kusuma Rini, 0813023032 (2015) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Reaksi Redoks dalam Meningkatkan Keterampilan Menjawab Pertanyaan Klarifikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/11203/