%0 Generic %9 Other %A Ruwaida Putri Isnaini, 1113023057 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11214 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Menginduksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi Pada Materi Garam Hidrolisis %U http://digilib.unila.ac.id/11214/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem solving yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 5 kelas di SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non- Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Problem solving diukur berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dengan uji statistik menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dari rata-rata n-Gain pada kelas kontrol dengan data pendukung yaitu nilai rata-rata afekif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi pada materi garam hidrolisis.