%0 Thesis %9 Other %A Welly Mentari, 1113024070 %B FKIP %D 2015 %F eprints:11215 %I Universitas Lampung %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung TP. 2014/2015 Materi Pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan) %U http://digilib.unila.ac.id/11215/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Bandar Lampung dengan populasi seluruh siswa kelas VIIA sampai VIIJ. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain dari penelitian ini berupa control group pretest-postest. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning yang diperoleh melalui angket persepsi siswa dan nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh melalui lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Kemudian, data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest dan postest yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap sub indikator yang diamati mengalami peningkatan. Pada sub indikator melakukan induksi sebesar 79%, melakukan deduksi sebesar 80%, melakukan evaluasi sebesar 85%, dan memberikan argumen sebesar 80%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 31,78 dan nilai postest sebesar 76,12. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Interaksi Antar Makhluk Hidup dan Lingkungan. Kata kunci : discovery learning, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, interaksi antar makhluk hidup, lingkungan