%A 1113024036 Khoirunnisa %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Ekosistem) %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Desain penelitian adalah desain control group pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning diperoleh dari angket dan penilaian kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari jawaban lembar kerja siswa (LKS) yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan postest, yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis siswa dalam semua indikator pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada indikator melakukan induksi sebesar 79%, indikator melakukan evaluasi 73%, indikator melakukan deduksi 79% dan indikator memberikan argumen 76%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (34,72); postest (75,82); dan N-gain (61,92). Selain itu, sebagian besar siswa (86,75%) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pokok Ekosistem. Kata kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Ekosistem %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints11216