TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11219 UR - http://digilib.unila.ac.id/11219/ A1 - Musfiroh, 1113023043 Y1 - 2015/07/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2014-2015. Pengam¬bilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Efektivitas model problem solving diukur berdasarkan perbedaan nilai n-Gain siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data n-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan dengan hipotesis yang diterima adalah rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada kelas kontrol. Hasil pengujian ini didukung oleh rata-rata afektif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan siswa pada materi garam hidrolisis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA MATERI GARAM HIDROLISIS AV - restricted ER -