%0 Generic %9 Other %A Nova Armania Twoiningtiyas, 1113023046 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11221 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUTUSKAN SUMBER YANG DAPAT DIPERCAYA PADA MATERI GARAM HIDROLISIS %U http://digilib.unila.ac.id/11221/ %X Model problem solving merupakan model pembelajaran berbasis masalah dimana peserta didik dituntut untuk menemukan sendiri pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 5 kelas di SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan ditetapkan 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (kelas kontrol). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas diukur berdasarkan perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian setelah dilakukan uji-t’, menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kedua kelas penelitian berbeda secara signifikan dengan diperoleh rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa dalam memutuskan sumber yang dipercaya pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata nilai n-Gain kemampuan siswa di kelas kontrol pada materi garam hidrolisis. Didukung juga dari hasil observasi yang diperoleh bahwa peningkatan rata-rata afektif siswa disetiap pertemuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif dalam meningkatkan kemampuan memutuskan sumber yang dapat dipercaya pada materi garam hidrolisis.