TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1123 UR - http://digilib.unila.ac.id/1123/ A1 - Badri Ali , INAYATI SOFIAH Y1 - 2013/11/13/ N2 - Dunia pendidikan memiliki tiga lingkungan, yakni lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang lazim disebut tri pusat pendidikan. Namun ada juga yang menambah dengan lingkungan tempat peribadatan dan menyebutnya catur pusat pendidikan. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama. Disebut pertama karena sebelum berkenalan dengan lingkungan yang lain anak telah mendapat pengaruh lingkungan keluarga sehingga wajar bila dalam perkembangan selanjutnya pengaruh ini terasa dominan. Pengaruh yang diberikan keluarga tersebut dapat berbentuk perhatian, seperti mendisiplinkan anak dalam belajar di rumah , dan perhatian orang tua dalam keluarga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pengaruh disiplin belajar di rumah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Wiyatama Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 2. Pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Wiyatama Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 3. Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Wiyatama Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 4. Pengaruh disiplin belajar di rumah, cara belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Wiyatama Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester ganjil SMP Wiyatama Bandarlampung, yaitu berjumlah 141 siswa. Teknik pengambilan sampling dengan proportionate random sampling dan dengan menggunakan rumus Taro Yamane didapat sampel sebanyak 96 orang. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian, sebagai berikut: Ada pengaruh disiplin belajar di rumah, cara belajar, dan perhatian orang tuaterhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas VIII SMP Wiyatama Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013 dibuktikan pada pengujian hipotesis adalah H 0 ditolak dan H1 diterima jika F hitung > F hasilnya diperoleh 50,749 > 2,728 Koefisien korelasi (R) 0,509 dan koefisien determinasi (R tabel 2 ) 0,460 atau 46,0%. Sehingga terbukti adanya penaruh pengaruhdisiplin belajar di rumah, cara belajar, dan perhatian orang tuaterhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas VIII SMP Wiyatama Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DI RUMAH CARA BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -