@misc{eprints1125, month = {Juli}, title = {PENGARUH CARA BELAJAR, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 GADING REJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, author = {EBIT MARULI SITUMORANG .}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1125/}, abstract = {Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang telah diajarkan yang dinyatakan dalam bentuk data kualitatif maupun data kuantitatif. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 4 Gading Rejo diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah, yaitu dari sebanyak 125 siswa, hanya 7 siswa atau 5,4\% yang mendapatkan nilai lebih dari 70. Dengan kata lain, hanya 5,4\% bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantara banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor cara belajar, media pembelajaran dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru memiliki peranan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cara belajar, media pembelajaran dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 4 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 15. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2012/2013 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan Media Pembelajaran terhadap Hasil . Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2012/2013 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode . Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2012/2013 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan Cara Belajar, Media Pembelajaran . dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Gading Rejo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Kata Kunci: Cara Belajar, Media Pembelajaran, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Hasil Belajar } }