%0 Journal Article %A 0916011040, IRMA WAHYUNI %D 2012 %F eprints:11251 %J Digital Library %T PERSEPSI MASYARAKAT DESA TERHADAP PERANAN MAHASISWA KKN DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA %U http://digilib.unila.ac.id/11251/ %X ABSTRAK PERSEPSI MASYARAKAT DESA TERHADAP PERANAN MAHASISWA KKN DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA (Studi di desa Gunung Rejo kecamatan Padang Cermin kabupaten Pesawaran) Oleh Irma Wahyuni Pembangunan merupakan proses perubahan yang harus terus menerus menuju ke arah yang lebih baik. Sebagai negara berkembang Indonesiapun senantiasa melakukan pembangunan di segala bidang. Sasaran utama pembangunan Indonesia adalah masyarakat pedesaan dengan harapan hal ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, untuk itu mahasiswa di harapkan berperan aktif di dalamnya. Salah satu cara nya adalah dengan melaksanakan KKN. Keberhasilan pelaksanaan KKN tidak hanya bergantung pada kinerja mahasiswa dalam menjalankan peranannya dalam masyarakat tetapi juga harus di dukung oleh masyarakat itu sendiri. Untuk itu persepsi dari masyarakat sangat menentukan pelaksaan KKN maka perlu diketahui seperti apa persepsi masyarakat desa terhadap peranan mahasiswa KKN dalam pembangunan masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan seperti apa persepsi masyarakat desa terhadap peranan mahasiswa KKN dalam pembangunan masyarakat desa berdasarkan penggolongan usianya, jenis pekerjaannya dan tingkat pendidikannya. Penelitian ini di lakukan di desa Gunung Rejo kecamatan Padang Cermin kabupaten Pesawaran. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif, sampel nya sebanyak 72 responden pada setiap kategori penggolongan usia, jenis pekerjaan dan jenjang pendidikan dengan tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara, studi pustaka dan dokumentasi yang kemudian di olah menggunakan program pengolahan data statistik, yaitu SPSS. Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang persepsi terhadap mahasiswa cendrung ke arah negatif, berdasarkan jenis pekerjaannya masyarakat yang menganggur berpersepsi positif sementara petani dan PNS berpersepsi negatif. Sedangkan berdasarkan usianya masyarakat berusia tua berpersepsi positif bertolakbelakang dengan masyarakat usia muda yang berpersepsi negatif. Kata kunci: persepsi, masyarakat desa, peranan, mahasiswa KKN, pembangunan ABSTRACT THE PERCEPTION OF VILLAGE SOCIETY ON STUDENT’S ROLE IN STUDENT’S PUBLIC SERVICE (KKN) IN DEVELOPING RURAL SOCIETY (A Study in Gunung Rejo village in Padang Cermin sub district in Pesawaran regency) By Irma Wahyuni The primary target of Indonesia development is rural society with expectation to improve society welfare and students should play role in this activity. One of the roles is by conducting student’s public service (or KKN). The success in conducting student’s public service is not only depending on the student’s performance in the society but also on public support. Therefore the public perception is very determinant in student’s public service conduct, so that public perceptions on the student’s public service in developing rural society needs to figure out. The objective of this research is to find out and explain the public perception on student’s role in student’s public service (KKN) in developing rural society based on classifications of age, occupation, and education levels. This research was conducted in Gunung Rejo village of Padang Cermin sub district in Pesawaran regency, with the majority residents of farmers with elder age and low education levels. This was a quantitative research. Samples were 27 respondents in each classification of age, occupation, and education level. Data were collected using questionnaire and interview. Data were processed with SPSS; a software of statistic data processor. The results showed that the higher education level tended to give more negative appreciation to the students. Based on occupation, unemployed people had positive perceptions to students. Farmers and civil servant had negative perceptions to students. People with older age had positive perceptions while younger people had negative perception to students. Keywords: perception, rural society, role, student of student’s public service program, development