@misc{eprints11262, title = {STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA IKAN LELE }, author = {JON KENEDI 0316051025}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2010}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11262/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan usaha budidaya ikan lele di Desa Gumukmas, dan untuk menyusun alternatif strategi dalam pengembangan usaha budidaya ikan lele di Desa Gumukmas. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Gumukmas, kecamatan Pagelaran, kabupaten Pringsewu. Responden dalam penelitian ini adalah pembudidaya ikan lele di Desa Gumukmas. Metode analisis data menggunakan Analisis External Factor Evaluation, Analisis Internal Factor Evaluation, dan dilanjutkan dengan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada tujuh faktor yang menjadi kekuatan budidaya ikan lele di Desa Gumukmas, yaitu pengalaman, keahlian, pemasaran, teknologi, manajemen, pendidikan, dan harga, (2) ada empat faktor yang menjadi kelemahan, yaitu stabilitas harga, permodalan, keuntungan, dan penyakit, (3) ada delapan faktor yang menjadi peluang budidaya ikan lele di Desa Gumukmas, yaitu iklim, ekonomi masyarakat, pertumbuhan penduduk, budaya, daya serap pasar, transportasi, pakan dan peralatan, serta kondisi perekonomian, (4) ada empat faktor yang menjadi ancaman budidaya ikan lele di Desa Gumukmas, yaitu pemerintah, persaingan, masuknya pedagang baru, dan barang substitusi, (5) berdasarkan matrik Internal ? Eksternal (IE Matrik) diketahui bahwa posisi usaha budidaya ikan lele di Desa Gumukmas, kecamatan Pagelaran, kabupaten Pringsewu adalah pada posisi menengah untuk faktor eksternal dan posisi rata-rata untuk faktor internal, (6) ada empat belas alternatif strategi yang bisa diterapkan dalam pengembangan usaha budidaya ikan lele di Desa Gumukmas. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Budidaya Ikan Lele, Analisis SWOT } }